Friday 24 February 2017

Cara mudah Menganalisa Blog/Website Toko Online

Bandar365bet.com - saat kita membuka sebuah usaha, tentu saja kita ingin bisa membaca isi pikiran pelanggan kita. Menyadari atau tidak, sebenarnya mempunyai sesuatu yang bisa dipakai untuk membaca pikiran konsumen/pelanggan dengan menganalisa blog/website toko online yang kita punya.

Penting untuk pelaku toko online untuk membuat pelanggan dan calon pelanggan mengunjungi blog/website kita, hal ini membuka jalan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang toko online yang kita lakukan.

Lewat analisa visitors pelanggan ke blog/website, para pelaku toko online dan UKM dapat mengetahui dan mengerti perilaku para pelanggan, sampai mereka dapat memberikan pelayanan lebih baik dan menyusun strategi pemasaran yang efektif. Untuk memahami perilaku pelanggan di blog/website, membutuhkan analytic tool.

Akan tetapi, apa sebenarnya fungsi menggunakan analytic tool ini untuk bisnis, terutama bagi pelaku toko online dan UKM? Verisign salah satu leader global dalam nama domain dan security Internet mengungkapkan beberapa manfaat menggunakan analytic tool.


  • Cek Dari Mana Trafic Berasal 


Hal paling penting yang perlu kita tahu adalah dari mana trafic blog/website berasal. Dengan melakukan analisis, kita bisa mengetahui bagaimana pengunjung/visitors kita bisa sampai ke blog/website. Kita juga bisa mengidentifikasi seberapa banyak rujukan yang didapat dari mesin pencari dan kata kunci apa yang sering digunakan untuk menemukan website kita.

Mengetahui sumber trafik website juga dapat membantu kita untuk lebih memahami berapa banyak pengunjung yang berhasil dijangkau melalui newsletter, email, dan media sosial. Kita bisa mengetahui postingan atau email mana yang mendapat respon terbanyak dan kapan waktu paling efektif untuk berkomunikasi dengan para pelanggan.


  • Mengetahui Hal Yang Diskaui dan Tidak Disukai Dari Website Usaha


Menganalisa website juga memungkinkan kita untuk mengidentifikasi halaman yang paling popular dan seberapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di website, tapi juga bisa mengidentifikasi halaman “exit” atau halaman terakhir yang dikunjungi sebelum pengunjung memutuskan untuk meninggalkan website.

Hal ini sangat penting untuk diketahui mengingat semakin lama pelanggan menjelajah sebuah website, semakin besar peluang terjadinya transaksi bisnis. Mengetahui halaman mana yang mereka sukai dapat membantu menemukan cara untuk meningkatkan kualitas halaman tersebut, sehingga pengunjung semakin betah berselancar di website usaha kita.


  • Menganalisis Konversi dengan Penjualan


Mengetahui perbandingan antara jumlah pengunjung dan transaksi penjualan bisa menjadi bahan evaluasi seberapa signifikan peran website kita dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Walaupun tujuan utama dari website kita bukan untuk penjualan, namun kita bisa menentukan strategi pemasaran yang efektif dan produk yang cocok untuk pelanggan dengan mengetahui seberapa besar konversi yang didapat. Tidak setiap halaman harus bisa dikonversi, namun mengetahui halaman website yang efektif bisa menjadi penentu apakah menuai kesuksesan atau kegagalan.

Kita bisa memulai dengan menggunakan analytic tool yang berbiaya rendah atau bahkan gratis seperti Google Analytics. Melalui layanan ini, kita bisa mendapatkan informasi berharga tentang seberapa banyak pengunjung yang datang ke website dalam periode tertentu, berapa banyak pengunjung mengklik link dalam website, berapa lama waktu yang mereka habiskan di website, dan lainnya.

Kita juga bisa mendapatkan data mengenai sumber trafik, kata kunci yang paling banyak mendorong trafik, dan trafik mana yang banyak menghasilkan konversi dan penjualan. Seluruh informasi ini akan menciptakan sebuah website usaha yang paling efektif. Dengan menganalisa website usaha juga akan membantu kita membuat strategi online yang efektif.

No comments:

Post a Comment